2 Days, 2 Turtles and 1 Pen For Forever

http://unik.supericsun.com/wp-content/uploads/HLIC/4bed216efb2ed7e98f7ebb2069ffa748.jpg
“ Muhammad Yudha Darmawan…? “ suaraku tercekat

“ What? “ tanya Ginza

“ Muhammad Yudha Darmawan… yeah, it’s Muhammad Yudha Darmawan “ aku tak menjawab pertanyaan Ginza

“ Hello… Miss Aaliyah El Zarifa… “ Ginza mengguncang bahuku.

“ Eh, iya.. kenapa…? “ aku baru tersadar.

“ What happened? It seems that you’ ve just seen a ghost! “ Ginza terdengar gemas.

“ No.. I’m fine!! “ kataku sambil melirik laki-laki yang berada dideretan paling belakang.

“ You must talk to me! Whose Muhammad Yudha Darmawan? “ Ginza kembali bertanya.

Aku menarik nafas panjang. “ Bukan siapa-siapa… forget it..! “ aku memejamkan mata.

Kenapa harus bertemu lagi? Kenapa harus dia? Kenapa? Why? I begin crazy, now!

“ I think, he’s your ex boy friend right? “ Ginza masih penasaran.

Aku tersentak, like this? No! He’s not my ex… he’s still my boyfriend … Aarggh… Aaliyah El Zarifa you’re right, you begin crazy!

Aku terus melirik kebelakang. He is my Yudha, ya… he is my Prince Turtle.. “ Elza, come on talking to me! Who is he ? Penasaran nih! “ Ginza mengeluarkan cemberutannya.

“ Oh, friend you look so cute if you are morose like that hahaha “ aku malah membercandainya.

“ Ayolah, Elza. Cerita…ceritaa cerittaaa…. “ Ginza mencubit pipiku gemas.

“ Auw…. It’s so sick okay!! “ aku memegang pipiku.

“ If you don’t feel sick, please tell to me who that boy is? “ Ginza masih memeras pipiku.

“ Allright!! “ kataku sambil melepaskan tangannya.

“ Do you still remember small turtles in my bed room,beside books? Yeah, the turtles are from him. His name is Muhammad Yudha, Za ketemu sama dia beberapa tahun lalu, waktu lomba di provinsi juga. Waktu itu, Za sama dia ikutan cabang story telling. He comes from Pandeglang. And in Anyer Beach we promised to see each other. “

“ Oh, no comment! “ Ginza mengangkat bahu.

“ You are suck “ giliran aku yang cemberut.

“ Hahaha, nggak kok. Gua Cuma nggak mau komen aja. Pantesan dia kaya yang kenal sama lu. Mungkin dia masih inget sama lu, Za ”

“ Really? “ tanyaku, mataku langsung aku alihkan lagi pada kursinya. Dia tengah melihat kearah lain.

“ No, Ginza!! “ kataku kemudian, “ Dia udah lupa kali sama gua.. hmmm “ aku menarik nafas panjang.

Sebenarnya hari itu adalah technical meeting untuk lomba bulan depan. Tapi, entah mengapa sejak aku bertemu dengan Yudha hatiku tidak karuan. It’s so hard to breath! Crowded.

Dia jauh terlihat berbeda, berbeda dari 2 tahun lalu saat aku bertemu dengannya. Sebenarnya satu tahun lalu kami sempat bertemu disalah satu perlombaan juga, sikapnya dingin waktu itu. Aku hanya sempat berkata “ Janji adalah hutang “ dan dia hanya tersenyum. Yudha, I really miss you.

Kali ini, aku kembali mewakili sekolah dan wilbi (wilayah binaan.red) untuk mengikuti salah satu lomba yang diadakan oleh kemenlu. Aku sama sekali tidak menyangka kalau yang diutus dari sekolahnya adalah dia! He’s my Prince Turtle.

Aku terus memperhatikannya. Sulit rasanya aku memalingkan wajah dari senyuman khasnya. Dia sudah banyak berubah, terlihat lebih berisi, rambutnya juga sudah tidak seperti dulu. He looks mature, handsome.

LLL

“ Dia dapet Negara apa si, Gin? “

“ I don’t know… “ Ginza mengangkat bahu.

“ Kita dapet Negara apa? “

“ Thailand, The Kingdom of Thailand! “

“ Oh, who is our guide? “

“ Kak Guna, aarghh… he looks so cute… “

“ Ah, no! well he looks handsome, but in my thought now Yudha is more handsome hahahaha “ aku tertawa lagi.

Ginza melihatku dengan tatapan defensifnya. “ You begin crazy Ms. Aaliyah El Zarifa “ tatapannya sungguh membuat aku geli.

“ Really? I just miss him! So much! “ kataku sambil tersenyum miring.

Waktu lunch tiba, aku, Ginza dan guru pembimbing dari sekolah langsung mengantri mengambil makanan. Sayangnya, saat kami tiba di sekeretariat makanan sudah habis dan belum datang lagi.

“ Oh, I am very hungry “ Ginza beberapa kali mengeluh.

“ I know Ginza, berhenti mengeluh! Cape dengernya ” aku membekap mulutnya.

“ Iya, atuh Ginza sabar. Ibu juga lapar “ akhirnya guru pembimbing kami bersuara juga.

“ Okay, but you must discharge your hand in my mounth “ Ginza berbicara, suaranya lucu karena mulutnya dibekap oleh tanganku.

“ NOW!! “ Ginza kembali bersuara.

“ Okay “ kataku sambil melepaskan tanganku.

Ginza tampak menarik udara dalam-dalam. Kasihan juga pada sahabatku yang satu ini. Tetapi dia terlalu bawel untuk berbicara *hahaha bukannya aku juga seperti itu.

“ Dia ngeliatin lu lagi, Za “ Ginza berbisik ditelingaku. Saat aku turun ke lantai bawah dia sudah sedang memakan makan siangnya. Aku meliriknya, dia sedikit kaget. Aku juga. Yudha… may I say hello?

“ Lu say hello kek, apa kek… dusun ih sama ‘teman’ lama nggak kaya gitu “ Ginza menekankan kata ‘teman’ dan itu langsung mendapat penolakan dari otakku. Perasaan kita nggak pernah bilang apa-apa deh, berarti biar gimana pun kita masih ada hubungankan? Hati kecilku bersuara sangat pelan.

Sambil menunggu makanan kami datang, aku hanya duduk dan mengobrol with Ginza.

Aku memegang nota kecilku, disana aku mulai menulis lagi…

“ Write something again, right? And about him? “ Tanya Ginza,

“ Look this “ kataku sambil menyerahkan notaku…

Ketika Tuhan Bicara

Aku pernah bertanya pada Tuhan…

Apakah terlalu cepat aku mencintainya…?

Apa terlalu cepat aku mengaguminya…?

Apa suatu saat nanti Tuhan mengizinkan aku bersamanya…?

Saat, aku merintih dalam tangisanku.. Tuhan tetap enggan menjawab pertanyaanku..

Aku hanya mampu terdiam, bertanya dalam hati..

“ Apa aku salah seperti ini…? “ tapi, ternyata Tuhan menjawab tanyaku…

Tidak ada yang salah dalam mencintai seseorang…

“ Apabila seseorang mencintai saudaranya maka hendaklah dia memberitahu saudaranya ( Hr. Abu Daud dan AT-Tirmizi ) “

Tapi, Tuhan…aku sudah memiliki kekasih..bagaimana dengan dia? Oh, aku tahu dia pun yang aku cintai sudah memiliki kekasih…

Tuhan kembali memelukku lagi, tenang rasanya “ Dan apabila kami berikan rahmat pada manusia, niscaya mereka gembira dengan (rahmat) itu. Tetapi apabila mereka ditimpa suatu musibah (bahaya) karena kesalahan mereka sendiri, seketika itu mereka berputus asa (Ar-Rum-36)

Tapi, Tuhan…

Aku tak mampu… aku tak bisa(bahagia)…meskipun ini rahmat atau apalah namanya aku tetap tak bisa… aku lemah tentang rasa ini,

Tuhan kembali menjawab pertanyaanku “ Dan janganlah kamu (merasa) lemah dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya) jika kamu orang beriman (Al Imran-139) ”

Aku hanya mampu terdiam sekarang… lalu apa yang harus aku lakukan sekaran Tuhan…?

“ Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk (Al-Baqarah-45) ”

Aku terdiam.. jadi begitulah perasaanku padamu…aku akan bersabar, karena Tuhankku bicara dan memintaku untuk bersabar..*Serang,24 Maret 2011

Ginza terdiam, tangannya bergetar membaca puisiku atau aku lebih senang menyebutnya prosa.

“ How this time? “ tanyaku sambil tersenyum,

“ So sweet… The Best!! You are always perfect, honey. Mm.. I think this is for him, isn’t it? “ Ginza memerhatikanku dengan seksama.

“ Mmmm… if you think like that. Maybe “ kataku sambil mengangkat bahu.

Makan siang kami akhirnya sampai. Aku dan Ginza langsung memakannya. Karena kami sedang tidak solat, kami hanya duduk-duduk depan tempat acara dilaksanakan.

Tiba-tiba Yudah lewat. Astagfirullahaladzim… Jantungku berdetak sangat cepat. Apa yang sedang terjadi padaku Tuhan? Seingatku, jantungku terakhir berdetak cepat saat bertemu dengan seseorang yang juga tak bisa aku miliki beberapa tahun lalu.

“ Dia lewat Za, iih gayanya sengak banget siii.. “ Ginza gereget.

Hmm… aku menghembuskan nafas panjang-panjang. “ I don’t know, I couldn’t think now!! Kayanya ada masalah sama system saraf saya!! “ aku mengeluh.

LLL

Acara technical meeting berakhir tepat pukul empat sore. Aku melangkah bersama Ginza, menuju parkiran.

Kelompok Yudha belum selesai dengan sesi bimbingannya. Aku meliriknya sekilas. Ah, dia sedang tidak memerhatikanku.

Aku, Ginza dan guru pembimbingku langsung naik ke mobil dan pulang. Dalam hatiku berdoa. Semoga akan ada keajaiban.

LLL

@My Bedroom…

20.45

Aku menghempaskan tubuhku. Hari ini rasanya lelah sekali. Aku langsung mencari handphoneku. Aku ketikan satu nama pada pencarian facebook, Muhammad Yudha Darmawan.

Encounter! Hatiku memekik kecil. Aku memeriksa Infonya, benar dugaanku. Statusnya berpacaran tapi, tidak tercantum.

Hatiku seketika itu langsung menciut! It’s false, if I am jealous right?

Aku langsung mengirim pesan setelah mengirimkan permintaan pertemanan padanya.

Aslm… Yudha… masih inget sama saya?? Tulisku.

Aku tidak mengharap akan dibalas. Tapi jika memang benar?

Ah entahlah, aku pun memejamkan mata. Tidur.

LLL

“MY MESSAGE WAS RESPONDED” Hatiku berteriak sangat kencang. Aku dan dia pun langsung saling menulis pesan.

Tapi, tunggu. Ini salah. Ini tidak benar. Aku sudah memiliki kekasih. Hm… dia pun mengatakan hal yang sama lalu bagaimana?

Apakah aku akan membiarkan ini terus berlanjut?

Ayolah Elza, jangan biarkan kau bertindak bodoh!! Jangan biarkan kau masuk pada lingkaran sesat. Kau tak akan mudah untuk keluar. Otak warasku, besuara. Sangat lemah. Aku merintih, tanganku terlalu dingin. Aku takut!!

Aku tak pernah, takut merasa kehilangan separah ini!! Aku harus bagaimana Tuhan? Give me reason to feel this!!

LLL

6 Tahun Kemudian…

“ Selamat ulang tahun yang ke 21 lya Elza and congratulations on your graduation !! You’re the best girl… Wish you all the best!! “ Yudha menyalamiku.

“ Thx. But, I don’t see a nice woman accompany you…!! “ kataku menyindirnya.

Yudha hanya terdiam. Enam tahun sudah berlalu, kami hanya berteman. Tak pernah lebih. Bahkan Yudha sudah memutuskan untuk menikah dengan pacar SMAnya. Aku kaget, aku sakit dan aku kehilangan akal sehatku.

Lulus dengan mahasiswa predikat terbaik Eksbang ( Ekonomi Sosial Pembangunan ) tak membuatku bahagia. Aku hanya menginginkanmu Yudha. Sampai sekarang. Sampai detik ini.

Yudha menggandeng tanganku lembut. Hembusan angin pantai menerpa kerudungku. Tidak jauh dari tempat kami berdiri, merupakan tempat entah berapa tahun lalu kami bertemu. Pantai Anyer. Tempat yang memiliki jutaan kenangan, walaupun hanya dua hari.

“ Do you still remember about this place? “ tanya Yudha. Hatiku tersayat-sayat, aku melirik matanya. “ Sure, in this place many years ago we ate lunch together. And promised to be together for forever “ aku sudah tidak bisa menahan air mataku.

Yudha duduk di batu, yang dulu kami juga duduki. Aku menangis terisak. Dapatkah kau bayangkan rasanya jadi aku.

“ I always love you, Yudha even thought you have Falita as your girl friend… “

“ Yeah, thanks for everything. This is for forever! But, not for now… “ Yudha tercekat,, aku tahu tenggorokannya terasa perih.

“ Still remember about two turtles? Or your pen? “ tanyanya lagi

“ Of course, sampai sekarang aku masih menyimpan kura-kuramu.. “ aku menjawabnya, mataku sudah terasa perih.

“ Begitu juga aku “ Yudha terdiam. “ Terimakasih untuk semuanya. Miss Aaliyah El Zarifa Aruna “

“ You know, I always miss our memories. And if I thought them I didn’t breath. My chest felt crowded. I’m feeling distracted and likewise attracted. “ tangisanku semakin kencang. Angin pantai pun semakin kencang. Dingin.

“ You’re not alone, I would be beside you… forever “ Yudha berusaha menenangkanku.

“I know, I’m not alone, I’m not the only one who is broken? And I know I’ll never let you go “ emosiku tidak terbendung lagi.

Namun, aku merasakan darah merembes dari hidungku. Yudha langsung panik. “ You’re nose to bleed. What happened? “ Yudha benar-benar panik.

Aku tidak merasakan apa-apa lagi. Pusing. Gelap. Dan…

LLL

“ Yudha, Ini puisi yang dibuat sama Elza. Puisi ini puisi terakhirnya. Mamahnya nemuin disaku balzer yang beberapa hari lalu “ Aku menerima aplop itu dengan tangan bergetar. Membayangkan malam menyedihkan itu.

Disampulnya tertulis nama lengkapnku : Muhammad Yudha Darmawan ‘My Prince Turtle’

“ Didalamnya ada surat juga? ” tanyaku sambil mengeluarkan isi amplop putih gading itu.

Ginza hanya mengangguk lemah, masih tampak kesedihan dalam matanya. Aku tak sanggup melihatnya. Dalam matanya terlalu banyak bayangan Elza.

Aku membukanya dengan tangan bergetar, “Bismillahirrahmanirahim,”

Assalamualaikum Wr. Wb…

Dear my prince turle.. : )

Maaf ya, aku ninggalin kamu ngga bilang-bilang…

aku takut kamu akan pergi kalau tau tentang penyakitku. Aku sudah cukup bahagia bisa bersamamu dua tahun terakhir ini. Aku kira aku tak kan bisa bertahan. Aku kira aku akan selemah itu. Tapi, lihat aku bisa bertahan kan? Walau pun kita hanya bersahabat >_< Aku tercekat membaca paragraph pertama pada surat Elza. Mataku sudah tak sanggup lagi membaca lanjutannya. Aku ingat sekali pertama kali kita bertemu dalam perlombaan itu, mm.. berapa tahun yang lalu ya? Hahaha.. bisa kau mengingatnya? Kau terus memperhatikanku.. dan akhirnya detik-detik terakhir sebelum kontingen pulang kau baru berani mendekatiku. Lucu sekali saat itu. Berapa umur kita? 12 tahun? Hahaha umur mu? Umur ku sekarang 21.. ah, sudah lama ya… Yudha, sulit rasanya menerima pertunanganmu dengan Falita. Sakit sekali. Mungkin itu yang membuatku tak bisa bertahan lagi. Tapi, tenang saja… aku tak pernah menyalahkanmu. Saat SMA kita bertemu lagi. Aku menyukaimu, dan aku menginginkan yang terbaik untukmu. Kau tahu. Aku selalu menyebut namamu sebelum ku tidur.. berharap aku bisa memilikimu dalam mimpi. Sekarang waktunya tiba, aku harus pergi… semoga kau bahagia dengan Falita… aku selalu mencintaimu… I always lovee you… I never forget you… you’re my guardian angel… your’re my inspirited… thx for all… I LOVE YOU, MUHAMMAD YUDHA DARMAWAN.. Wassalamualaikum wr wb.. Aaliyah El Zarifa… Hatiku bergetar hebat saat membaca kata-kata terakhir Elza. Dia meninggal dalam pelukanku saat diperjalanan kerumah sakit. Tenyata dua tahun terakhir ini dia menderita kanker otak stadium 3 dan semakin buruk saat mendengar pertunanganku dengan Falita. Apakah aku harus disalahkan atas perginya Elza…? I’m so stupid!! Sahabat macam apa aku? Tanganku bergerak membuka lipatan pink pucat dengan harum khas Elza. Membacanya akan semakin membuat aku tersiksa. Tapi, hanya ini yang bisa aku lakukan yang terakhir untuk Elza. Aku sudah banyak meminta.. Tuhan…rasanya air mataku sudah kering untuk menangisinya.. Jiwaku sudah rapuh untuk mengharapkannya… Aku sudah tak mampu berdiri lagi.. Semua sudah berakhir.. Saat ia memilih dia menjadi kekasihnya.. bukan aku TUHAN!!! BUKAN AKU…!! Hmm… Tuhan, apakah aku sudah banyak meminta..? Sehingga keinginanku tak tercapai…? Tuhan, aku rela kehilangan semua asal selalu bersama dia.. Oh, tidak.. Tuhan lindungi aku.. karena aku terlalu menginginkannya… Aku memang sudah banyak meminta… Aku pantas mendapatkannya… Baiklah, Tuhan… bila ini waktunya, aku sudah siap..*tersenyum… Bawa aku, Tuhan.. aku sudah siap.. aku sudah siap.. Biarkan aku ada disampingMu.. menjaganya.. agar nanti saat dia sampai, aku bisa menawarkan madu yang lebih manis Tuhan… Tapi, Tuhan… saat aku pergi nanti, aku ingin Kau menjagaNya untukku.. biarkan dia bahagia dengan pilihannya… karena aku pun bahagia… Tuhan aku sudah siap.. bawa aku sekarang… aku siap.. meninggalkan Yudha-ku… Aku hanya ingin bersamaMu sekarang… Tuhan… Aku mencintainya… Muhammad Yudha Darmawan… With Love.. El Zarifa 

By : Nida Adilah - XI IPS 1